Sabtu, 22 Mei 2010

Manfaat Berolahraga

Banyak orang melakukan olahraga dan telah merasakan betapa besar manfaatnya. Namun tidak jarang pula orang yang tidak memperdulikan olahraga, kendati sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Bagi kita, bekerja dan berolahraga sangat penting, kedua kegiatan tersebut sebaiknya dapat diprioritaskan sesuai dengan situasi dan kondisi kita berada.
Sebaiknya kegiatan PUSH-UP ( tolak angkat ) yang dilakukan tetap dilakukan, namun frekuensinya dapat dikurangi menjadi 5 kali dalam sehari atau dapat juga dilakukan variasi lain seperti TREADMILL atau jalan di tempat. Seperti semua orang dan saya pasti menyarankan untuk selalu berolahraga, karena meluangkan waktu berolahraga anda akan mendapatkan paling tidak 10 manfaat :

# Memperkuat dan Memperbesar volume jantung
Dalam keadaan istirahat, jantung normal berdenyut antara 60-80 kali/menit. Dalam keadaan latihan meningkat tinggi sampai maksimal 220 dikurangi usia. Jantung yang dilatih dengan teratur kualitasnya akan lebih meningkat, baik kapasitasnya maupun cara kerjanya. Kalau kontraksi otot jantung lebih kuat dan penampungnya lenih besar maka jantung akan berdenyut lebih sedikit dibanding dengan jantung yang tidak terlatih.

# Meningkatnya Kapasitas Pernapasan
Dalam keadaan istirahat, paru-paru kita mengkosumsi udara rata-rata 6 liter per menit. Saat latihan dapat meningkat 100-150 liter/menit. Paru-paru yang dilatih dengan teratur dapat memperbesar kapasitasnya. Ukurannya lebih besar, rongga-rongganya lebih bersih sehingga cadangan oksigen akan lebih banyak. Mereka yang memiliki paru-paru yang terlatih maka akan memiliki daya tahan yang lebih banyak

# Memperlancar Peredaran Darah
Pembuluh darah merupakan jalur distribusi energi yaitu sari-sari makanan dan oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga. Pada saat latihan, darah akan lebih cepat bergerak dan lebih sering melewati pembuluh darah, sehingga meningkatkan kualitas pembuluh darah tersebut karena pembuluh darah akan lebih lebar, lebih bersih, dan lebih banyak.

# Mencerdaskan Otak
Otak kita akan bekerja lebih baik jika oksigen yang dibutuhkan dalam kerja otak mencukupi. Kebutuhan oksigen yang kurang akibat tidak lancarnya peredaran darah ke otak dapat menyebabkan kepala pusing, perasaan lesu, tidak dapat berfikir dengan baik, bahkan dapat mengakibatkan kejadian yang fatal yaitu STROKE.

# Menguatkan Otot dan Membentuk Tubuh Yang Baik
Struktur tubuh kita dibentuk oleh kerangka yang baik oleh otot-otot yang melekat diantara tulang. Keseimbangan otot yang kuat akan menarik kerangka dalam struktur tubuh yang ideal. Tanpa latihan olahraga, otot-otot tidak akan memiliki kekuatan yang cukup untuk membentuk tubuh yang baik.

# Memelihara dan Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Kurang gerak badan dapat mengakibatkan otot-otot dan persendian menjadi kaku. Otot dan sendi kita yang kaku dapat mengakibatkan gampang cedera, seperti robek otot, terkilir, dan sebagainya. Berolahraga membuat badan kita lentur serta lebih leluasa untuk bergerak.

# Melatih Mental dan Daya Tahan Terhadap Stres
Ditinjau dari sisi lain, berolahraga seolah-olah menyiksa tubuh dalam keadaan kesakitan serta keletihan, sehingga menjadi alasan mengapa banyak orang malas untuk berolahraga. Orang yang rutin berolahraga akan selalu berhadapan dengan tantangan untuk menyelesaikan program latihan. Kebiasaan ini akan berpengaruh juga dalam perlawanan kita terhadap tekanan stress sehari-hari..

# Meningkatkan Percaya Diri
Untuk membentuk tubuh yang baik membutuhkan latihan yang ulet serta waktu yang relatif lama, keserasian bentuk tubuh akan memberikan nilai tersendiri bagi pemiliknya. Bentuk tubuh akan sangat berpengaruh bagi penampilan kita sehari-hari. Tidak diragukan lagi, bahwa olahragawan dan olahragawati akan memiliki tubuh yang lebih seimbang dibandingkan dengan orang-orang yang kurang terlatih.

# Meningkatkan Perekonomian
Untuk mencari penghasilan atau tambahan dalam pekerjaan membutuhkan ketahanan fisik dan mental. Mempunyai kondisi fisik yang baik akan memungkinkan untuk bekerja lebih kuat dan lebih lama, sehingga produktivitas kerja akan lebih tinggi disertai angka kesakitan yang rendah. Sehingga akan menghemat uang lebih banyak daripada membuang uang yang tidak perlu untuk pengobatan. Bukankah pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati ?

# Lebih Memiliki Kesempatan Umur Panjang
Jarang sekali kita melihat orang-orang tua meninggal karena ketuaan. Kematian yang terjadi pada umumnya di akibatkan oleh penyakit yang diderita. Tubuh yang lemah akan lebih mudah diserang berbagai penyakit dibandingkan tubuh yang kuat dan sehat. Oleh karena itu, kesehatan merupakan salah satu rahasia umur panjang.

Jadi saran Dr. JIMMY T. selaku narasumber adalah sebaiknya kita meluangkan waktu untuk berolahraga dan sesudahnya beristirahat kira-kira 15 menit, agar kita dapat memberikan kesempatan pada otak dan jantung untuk rileks sehingga membuat tubuh akan sempurna lagi

sumber : http://fittah.blogdrive.com/archive/63.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar